Powered By Blogger

Kamis, 23 September 2010

Sepotong Coklat, Sejuta Manfaat

Sebelumnya, coklat sering dituding sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan, mulai dari jerawat, karies gigi, obesitas, hingga kolesterol.


Saat ini telah banyak penelitian dari seluruh dunia yang mengungkap berbagai manfaat coklat bagi kesehatan. Namun, tentunya ada batasan jumlah yang boleh dikonsumsi setiap harinya (50 gram/orang/hari).

INGAT! Apapun yang dikonsumsi secara berlebihan, akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Selain itu, juga penting untuk bersikap selektif dalam memilih jenis coklat mana yang baik untuk kesehatan.

Ada banyak sekali manfaat coklat bagi kesehatan, antara lain dapat menurunkan tekanan darah, menekan kadar kolesterol jahat LDL, mencegah penyakit jantung koroner, bahkan mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Coklat juga mengandung antioksidan dalam jumlah besar, sehingga dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan radikal bebas. Selain itu, coklat merupakan bahan pangan yang kaya akan mineral penting, yakni potassium, fosfor, zink, tembaga, dan mangan.

Coklat bahkan turut menyumbang manfaat untuk kelestarian Bumi kita!
Selama bertahun-tahun, kebanyakan coklat ditanam di perkebunan. Belakangan, para produsen coklat menyadari bahwa coklat terlezat dihasilkan dari pohon coklat yang tumbuh di bawah payung pepohonan hutan hujan. Hal ini juga yang menuntun pabrik-pabrik coklat aktif berkampanye menentang penebangan hutan hujan dan menjaga kelestarian ekologi hutan hujan.

Tidakkah menyenangkan bila dengan menikmati sepotong coklat setiap harinya dapat membantu melestarikan hutan hujan di Bumi kita?

Semakin banyak konsumsi coklat dunia, maka akan semakin banyak pula pohon coklat yang ditanam untuk menghasilkan buah coklat. Dengan demikian, Bumi akan semakin 'hijau'..!

Nah, itu artinya, dengan mengkonsumsi coklat kita bisa turut melestarikan Bumi dan secara tidak langsungmengurangi efek pemanasan global.
Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui..! ^_^

1 komentar:

  1. Artikel ini pernah dimuat di KapanLagi.com, link-nya:

    http://woman.kapanlagi.com/kesehatan//5558-sepotong-cokelat-sejuta-manfaat.html

    Semoga bermanfaat..! ^^

    BalasHapus